Inspirasi

5 Kuliner Khas Manado yang Harus Kamu Coba

primarasa.co.id

Indonesia terdiri dari banyak pulau sehingga disebut negara kepulauan, sesuai yang Kokikit kutip dari Wikipedia. Dari ujung Barat ke ujung Timur Indonesia terdapat banyak kota, salah satunya Manado. Kota Manado tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, namun juga banyak kuliner lezat yang harus dicoba. Rekomendasi kuliner khas Manado yang harus kamu coba adalah:

wisatapro.com
Source: wisatapro.com

1. Pisang Goreng Sambal

Tentu saja kamu sudah tidak asing lagi dengan camilan pisang goreng. Camilan ini mudah ditemui hampir diseluruh daerah Indonesia. Pisang goreng mempunyai cita rasa yang manis dan gurih. Namun apa jadinya jika pisang goreng yang manis dipadukan dengan sambal yang pedas?

Ya, makanan unik ini bisa kamu temukan di Manado. Pisang goreng sambal merupakan salah satu makanan khas Manado. Lalu bagaimana rasanya? Pisang goreng sambal khas Manado memiliki cita rasa pedas gurih namun tetap manis. Dikutip dari yuk travel, biasanya camilan ini disajikan dengan es kelapa muda. 

kompas.com
Source: kompas.com

2. Bubur Tinutuan

Ingin mencoba sarapan dengan kuliner khas Manado? Bubur tinutuan bisa menjadi pilihanmu. Bubur ini terdiri dari komposisi bubur, jagung, ubi merah, bayam, dan kangkung. Dilansir dari Kumparan, bubur tinutuan dimasak dengan rempah-rempah khas Indonesia sehingga rasanya bisa membuat orang ketagihan. Jika kamu sedang di Manado maka tidak akan susah menemukan tempat makan yang menjual bubur ini.

id.pinterest.com
Source: id.pinterest.com

3. Cakalang Woku

Apakah kamu pecinta makanan pedas? Jika iya, maka kamu wajib coba cakalang woku makanan khas Manado. Makanan satu ini terbuat dari ikan woku yang di iris kecil-kecil dan kemudian dimasak bersama bumbu pedas. Namun ada juga versi cakalang woku yang menggunakan ikan woku utuh dan disiram dengan bumbu pedas.

Selain di Manado, kamu juga bisa membeli Cakalang Woku ala Komeng di Kokikit. Menu ini dimasak dengan resep asli Manado sehingga rasanya sama persis dengan cakalang woku khas Manado. Di Kokikit recipe kit Cakalang Woku ala Komeng dijual Rp. 47.000 (per 28 Juli 2021). Kamu bisa mendapatkan diskon Rp. 20.000 jika membeli cakalang woku hari ini di Kokikit.

https://kokikit.com/
Source: kokikit.com

4. Klappertaart

Makanan khas Manado selanjutnya adalah klappertaart. Dari namanya saja tentu kamu tahu jika makanan ini berbahan dasar utama kelapa muda. Dimana kelapa muda ini kemudian dicampur dengan keju dan susu lalu diberi toping kismis dan kacang. Dilansir dari Cookpad, kamu bisa membuat klappertaart sendiri dirumah karena bahannya mudah ditemukan di toko roti.

Di Manado, makanan ini biasanya dibuat dengan dua cara. Yaitu klappertaart yang dibakar dan klappertaart tidak dibakar. Meski memiliki cara pembuatan yang berbeda namun keduanya masih sama-sama lezat apalagi jika dinikmati bersama minuman hangat.

kompas.com
Source: kompas.com

5. Nasi Jaha

Jika di Pulau Jawa, nasi jaha ini memiliki tampilan seperti arem-arem. Menurut Wikipedia, perbedaan keduanya terletak di cara masaknya. Dimana arem-arem dimasak dengan cara di kukus dalam panci sedangkan nasi jaha dimasak di dalam bambu yang panjang. Jika kamu berkunjung ke Manado maka kamu bisa melihat proses memasak nasi jaha ini sampai ke proses pemotongannya.

travel.tribunnews.com
Source: travel.tribunnews.com

5 makanan khas Manado diatas harus kamu coba utamanya Cakalang Woku ala Komeng di Kokikit. Dimana kamu bisa merasakan kuliner khas Manado meski kamu sedang berada di Jakarta. Cakalang Woku ala Komeng dikemas dengan plastic wrap yang sudah berlabel food grade.

Related Posts